<data:blog.pageName/>:<data:blog.title/>

Kumpulan Highlights Sepak Bola

Video Cuplikan Pertandingan KORSEL Vs Nigeria, Piala Dunia 2010

Korea Selatan berhasil memenuhi ambisinya melaju ke babak 16 besar PD 2010 di Afrika Selatan. Di partai terakhir penyisihan Grup B yang berlangsung di Moses Mabhida Stadium, Durban, Taegeuk Warriors berhasil menahan imbang Nigeria 2-2 (1-1). Dengan hasil ini, Korsel berhak menempati peringkat kedua grup dengan jumlah empat poin hasil dari sekali menang, sekali seri, dan sekali kalah atau unggul satu poin dari Yunani yang pada saat bersamaan harus mengakui keunggulan Argentina 0-2 (0-0).

Sejak awal babak pertama, Korsel tampil menyerang. Baru 77 detik setelah kick-off, sepakan Lee Chung-Yong yang mendapat umpan terobosan dari sektor sayap hanya menyamping di sisi kiri gawang Vincent Enyeama. Di saat tertekan, Nigeria berhasil unggul terlebih dahulu lewat Uche. Gol ini merupakan andil dari bek kanan Chidi Odiah yang menyusuri sektor sayap kiri pertahanan Korsel dan melontarkan umpan ke tengah kotak penalti. Bek Cha Du-Ri tak menyangka datangnya Uche yang menyerobot bola dan melepaskan tendangan mendatar yang tak mampu dijangkau kiper Jung Sung-Ryong. 1-0 untuk Nigeria. Permainan jadi berbalik. Nigeria pegang kendali. Sebaliknya, Park Ji-Sung dkk kerap tampil ceroboh. Di menit ke-22, mendapat sodoran dari Yakubu Aiyegbeni, bek Chinedu Obasi melepaskan tendangan keras dari jarak 25 meter yang masih melebar dari sasaran. Di menit ke-35, Nigeria kembali mendapat peluang lewat sepakan keras Uche dari jarak 30 meter yang hanya membentur tiang kiri gawang.

Namun, Korsel mendapat angin segar dua menit kemudian. Bermula dari tendangan bebas yang dikirimkan Ki Sung-Yong ke mulut gawang. Kiper Enyeama tak bereaksi. Pun demikian dengan bek kiri Rabiu Afolabi yang gagal mengantisipasi pergerakan Lee Jung-Soo. Tandukan Jung-Soo sejatinya luput. Tapi, beruntung Jung-Soo masih menggerakkan kaki kanannya yang menghantam bola dan mengoyak gawang Enyeama. Skor 1-1 bertahan sampai jeda. Di awal babak kedua, dengan target meraih kemenangan, pelatih Nigeria Lars Lagerback menarik keluar Joseph Yobo dan memainkan Uwa Echiejile. Alhasil, Afolabi digeser menjadi palang pintu menemani Danny Shittu. Alih-alih mendapatkan gol, justru gawang Enyeama yang jebol oleh tendangan bebas Park Chu-Young tiga menit setelah babak kedua dimulai. Skor 2-1. Korea kian di atas angin. Di menit ke-54, Chu-Young kembali mengancam ketika sepakan bebasnya melenceng tipis di sisi kiri gawang Nigeria. Di menit ke-57, Lagerback menarik keluar Kanu dan memainkan Obafemi Martins. Dua menit kemudian, Yakubu mendapat peluang. Berhasil melewati Cho Young-hyung, Yakubu gagal mengontrol baru seiring dengan datangnya Lee Young-pyo. Lima menit berselang, Korea membalas lewat sepakan Chu-young yang memaksa Enyeama melakukan penyelamatan. Di menit ke-66, Nigeria mendapat peluang emas, 99 persen gol. Mendapat umpan dari Yussuf Ayila yang melakukan akselerasi di sektor kanan pertahanan Korea, Yakubu yang berdiri bebas gagal menceploskan bola ke dalam gawang. Bola yang disepaknya justru melenceng. Namun, dua menit kemudian, Nigeria mendapat peluang. Gelandang Kim Nam-Il yang baru masuk melakukan blunder dengan menjatuhkan Obasi di kotak terlarang. Eksekusi penalti Yakubu mulus. Skor berubah menjadi 2-2.

Pertandingan kian berjalan dengan seru. Kedua tim sama-sama mencari tambahan gol, terutama Nigeria. Di menit ke-79, Elang Super mendapat peluang emas untuk meraih tiket ke babak perdelapan final. Lolos dari jebakan off-side, tembakan lob Obafemi Martins yang berhadapan satu lawan satu dengan kiper Sung-Ryong melebar dari sasaran. Di menit-menit akhir, striker pengganti Victor Obinna melancarkan tendangan keras dari jarak jauh yang hanya melenceng tipis di sisi gawang Korsel. Skor 2-2 bertahan sampai peluit akhir berbunyi.

Susunan Pemain:
Nigeria: Enyeama (KK), Yobo, Afolabi, Shittu, Odiah, Uche, Yussuf (KK), Etuhu, Kanu (Martins), Yakubu (Obinna), Obasi Ogbuke (KK).
Korsel: Jung Sung-Ryong, Cho Yong-Hyung, Lee Young-Pyo, Lee Jung-Soo, Cha Du-Ri, Park Ji-Sung, Kim Jung-Woo, Ki Sung-Yeung (Kim Jae Sung) Lee Chung-Yong, Park Chu-Young (Kim Dong Jin), Yeom Ki-Hun (Kim Nam-Il, KK).
Wasit: Olegario Benquerenca (Portugal)



Nigeria 2-2 South Korea (Highlights)


0 comments:

Posting Komentar

 
Support to software Terbaik for grow up